Modal Ventura

Hari-hari ini, banyak bertebaran berita seputar pendanaan startup oleh perusahaan modal ventura / venture capital (VC). Sebelum seramai sekarang, beberapa startup yang kini sudah berkembang menjadi besar seperti Gojek, Bukalapak, hingga Ruangguru juga telah mendapatkan pendanaan dari perusahaan modal ventura.

Lalu, apa sih pengertian perusahaan modal ventura itu?

Gambar: Diedit dari Monstera / Pexels

Definisi Perusahaan Modal Ventura

Menurut Otoritas Jasa Keuangan (OJK), perusahaan modal ventura (venture capital) adalah badan usaha yang melakukan usaha pembiayaan/penyertaan modal ke dalam suatu perusahaan yang menerima bantuan pembiayaan (investee Company) untuk jangka waktu tertentu dalam bentuk penyertaan saham, penyertaan melalui pembelian obligasi konversi, dan/atau pembiayaan berdasarkan pembagian atas hasil usaha.

Perusahaan modal ventura mencari perusahaan rintisan (startup) yang masih dalam tahap berkembang dan memerlukan dana untuk kelangsungan usaha startup tersebut. Pendanaan dari pemodal ventura biasanya dipilih oleh para pendiri startup karena mereka sulit mendapat pinjaman dari bank atau dari institusi keuangan lainnya.

Contoh Perusahaan Modal Ventura

Beberapa contoh perusahaan modal ventura yang memberikan investasinya ke perusahaan-perusahaan rintisan di Indonesia antara lain adalah:

  • Alpha JWC Ventures, berinvestasi di perusahaan seperti Ajaib, Bobobox, Kopi Kenangan, hingga Zenius
  • East Ventures, berinvestasi di perusahaan seperti Tokopedia, Traveloka, hingga Ruangguru
  • MDI Ventures (perusahaan modal ventura dari Telkom), berinvestasi di perusahaan seperti SiCepat, Kredivo, hingga Alodokter

Nah itu tadi definisi dari perusahaan modal ventura (venture capital) dan beberapa contohnya yang ada di Indonesia. Apakah startupmu memerlukan pendanaan dari VC?

Leave a Reply

Your email address will not be published.